Portal Berita

...

SEMANGAT PEMOHON INFORMASI TINGGI
© Internet
Ilustrasi

SEMANGAT PEMOHON INFORMASI TINGGI

Keterbukaan informasi publik yang telah ditetapkan oleh Pemerintah melalui berbagai peraturannya seperti Undang – ...


Senin, 15 Mei 2017 ArtikelAdministrator

Keterbukaan informasi publik yang telah ditetapkan oleh Pemerintah melalui berbagai peraturannya seperti Undang – Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, Peraturan Pemerintah Nomor 61 tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang – Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik dan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 tahun 2010 tentang Standar layanan Informasi publik telah membuka pintu yang luas bagi para pemohon informasi publik.
 Pemohon informasi tidak dibatasi oleh batas wilayah dimana pemohon berada tetapi mereka yang berada diluar daerah dimana badan Publik / Perangkat Daerah berada dapat pula mengajukan permohonan informasi sepanjang syarat dan ketentuannya dipenuhi, yaitu bagi perseorangan dalam mengajukan permohonannya harus tertulis dengan mencantumkan nama, alamat, nomor telepon/handphone/alamat email, tujuan dari permohonan informasi, bentuk informasi yang diminta serta melampirkan foto copy kartu tanda penduduk (KTP), sedangkan bagi pemohon informasi yang mengatas namakan organisasi disamping data – data diatas juga harus melampirkan Surat Keputusan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang mengukuhkan organisasinya.
 Dalam mengajukan permohonan informasi, pemohon dapat memfokuskan data yang dimintanya kepada satu Perangkat Daerah atau kepada lebih dari satu Perangkat Daerah. Untuk permohonan informasi yang ditujukan kepada satu Perangkat Daerah maka permohonannya dapat disampaikan secara langsung kepada Perangkat Daerah yang menguasai data yang dimintanya sedangkan untuk permohonan yang ditujukan kepada lebih dari satu Perangkat Daerah maka permohonannya harus melalui Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID). Selanjutnya PPID akan mendistribusikan permohonan informasi tersebut kepada perangkat daerah yang menguasai datanya.
Semangat pemohon informasi ketika mengajukan permohonan informasi cukup beragam ada yang dalam jumlah sedikit, sedang sampai banyak. Disamping banyak data yang diminta juga mereka meminta data tersebut dalam waktu yang relative panjang. Hal tersebut tentumya telah mempertimbangkan dengan konsekwensi yang harus ditanggung sendiri yaitu berapapun jumlah data yang diminta maka penggandaannya / mengfotocopynya harus dengan biaya sendiri karena badan Publik tidak diperbolehkan untuk menyediakan dana bagi penggandaan data yang diminta oleh pemohon informasi. Sebangai contoh yang telah dialami oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi ada yang meminta satu permohonan informasi dengan sejumlah dokumen pendukungnya, ada yang meminta lima permohonan informasi, delapan delapan item permohonan informasi, tiga belas item permohonan informasi dan yang terbanyak adalah empat belas item permohonan informasi.
Sepanjang pemohon informasi berani membiayainya untuk memfoto copy maka data/informasi tersebut dapat dikuasainya, namun apabila pemohon informasi itu hanya mampu sebagian saja dalam memfoto copynya maka hal tersebut tidak dapat dikabulkan oleh Badan Publik atau tidak boleh hanya sebagiannya saja karena pemohonpun harus konsisten dengan permohonan data/informasi yang dimintanya..
 Dengan demikian semangat untuk mendapatkan data/informasi yang diinginkan boleh meminta dalam jumlah banyak namun juga harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan keuangannya dalam memfotocopy datanya sehingga apa yang diinginkannya dapat tercapai.

Reporter: Drs. Sopyan Supriatna, M.SI
Berikan Komentar