Portal Berita

...

Pembukaan Pelatihan DALA
© Humassetda
Penyematan tanda peserta

Pembukaan Pelatihan DALA

Bertempat di Prima Resort Selabintana , pada salasa (16/5). Sekretaris Daerah Drs. H. Iyos Somantri Msi Membuka Acara ...


Kamis, 18 Mei 2017 Berita Daerah

Bertempat di Prima Resort Selabintana , pada salasa (16/5). Sekretaris Daerah Drs. H. Iyos Somantri Msi Membuka Acara Pelatihan DALA (Damage And Losses Assessment) tahun 2017 yang ditandai dengan penyematan tanda peserta. Hadir pada kesempatan tersebut Para Pejabat Struktural lingkup Badan Penaggulangan Bencana Daerah BPBD Kabupaten Sukabumi , Narasumber serta tamu undangan lainnya.
Dalam sambutannya Sekda Kabupaten Sukabumi termasuk daerah yang memilki tingkat kerawanan bencana yang cukup tinggi, kondisi geologis dan geografis yang berpotensi terjadinya bencana alam berupa tanah longsor , banjir , kekeringan , gempa bumi , angin puting beliung , tsunami , letusan gunung berapi dan konflik sosial yang seringkali menyebabkan kerusakan dan kerugian yang signifikan baik secara fisik maupun non fisik.

Dikatakan pula , bahwa penyelenggaraan penanggulanagan bencana di daerah agar efektif dan efisien di perlukan koordinasi serta kerjasama dari berbagai stakeholder yang terintregrasi secara konfrehensif dalam rencana pembangunan daerah, hal tersebut berkenaan dengan penetapan prioritas yang tercantum dalam dokumen rencana aksi rehab /rekon pasca bencana yang dilaksanakan melalui tahapan pengkajian kebutuhan pasca bencana (JITU PASNA) yang diawali dengan penilaian kerusakan dan kerugian akibat bencana (Damage And Losses Assessment/DALA). Dimana tertera dalam PP21 tahun 2008 pasal 56 dan pasal 57 yang menyebutkan untuk mempercepat rehabilitas dan rekontruksi pasca bencana, pemerintah daerah menetapkan prioritas yang berdasarkan pada analisis kerusakan dan kerugian akibat bencana.

Lebih lanjut dikatakan, dengan penyelenggaraan pelatihan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam menilai dampak bencana serta dapat menentukan prioritas kebutuhan pasca bencana dan diharapkan dalam mengikuti pelatihan ini ada keseriusan dalam berbagai materi yang diberikan agar diperoleh hasil yang maksimal sesuai dengan harapan. Sehingga dapat diimplementasikan secara efektif dan efisien.

Sementara itu ketua panitia penyelenggara Drs. Agus Muharramm M.Si dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 16 sd 18 mei 2017 ini di ikuti 47 orang peserta yang berasal dari unsur kecamatan. Adapun tujuannya adalah agar para peserta membangun ke arah yang lebih baik yang bermuara pada upaya pengurangan resiko bencana sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Sukabumi menjadi kabupaten yang mandiri bencana.

 

Reporter: Humassetda, AdminKIP
Sumber: E-mail Humassetda
Berikan Komentar