Portal Berita

...

Acara Pembukaan Bulan Bakti BKIPM
© Humassetda
Bupati Menyerahkan Sertifikat HACCP Kepada 5 Unit Pengolah Ikan.

Acara Pembukaan Bulan Bakti BKIPM

Bertempat di Kantor Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Sukabumi. pada Selasa ( 16/5 ). Bupati Sukabumi H. Marwan ...


Kamis, 18 Mei 2017 Berita Daerah

Bertempat di Kantor Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Sukabumi. pada Selasa ( 16/5 ). Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami Membuka acara Bulan Bakti BKIPM ( Badan Karantina Ikan Dan Pengendali Mutu ) Tahun 2017. Hadir pada kesempatan tersebut, Staf Ahli Menteri Perhubungan. Mayjend. Pur. Buyung Lalana ( Jendral Terumbu Karang ), Kapuskari Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu Dan Keamanan Hasil Perikanan ( BKIPM ) Bandung, Ketua Formikan Sumut, Kadis Perikanan dan Kelautan Kabsi serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan Bahwa Peraturan Perundangan yang memuat Pelarangan Penangkapan Benur dapat menimbulkan permasalahan yang cukup kompleks karena ada aspek berkelanjutan sumber daya Kelautan – Perikanan maupun aspek ekonomi yang berterkaitan dengan kesejahteraan nelayan, Hal ini perlu kita jaga sama – sama agar implementasi kebijakan dapat berjalan dengan baik. Karena menurut berbagai kalangan masih ada Peraturan yang dianggap memberatkan nelayan, namun dalam hal ini kita juga harus memperhatikan kelestarian sumber daya Kelautan dan Perikanan.

Dikatakan pula oleh Bupati, Saat ini banyak nelayan beralih menjadi penangkap benur ikan, hal ini dikarenakan kondisi ikan di perairan teluk Palabuanratu banyak mengalami penurunan yang dikarenakan intensitas penangkapan yang tinggi dan rusaknya habitat sidat serta adanya gangguan pada jalur migrasi sidat disungai yang semakin menurun. Dalam hal ini pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk memanfaatkan sidat tapi harus dilakukan sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku, untuk itu kedepankan budaya kearifan lokal pada saat memanfaatkan alam untuk kepentingan ekonomi agar lingkungannya terjaga.

Lebih lanjut Bupati mengharapkan, semua pihak seyogyanya dapat menyusun rencana pengelolaan perikanan sidat sebagai kesepakatan bersama yang harus dipatuhi dalam tata kelola baik mengenai ikan dan habitatnya maupun aspek sosial ekoniminya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Menyerahkan Sertifikat HACCP Kepada 5 Unit Pengolah Ikan.

 

Reporter: Humassetda, AdminKIP
Sumber: E-mail Humassetda
Berikan Komentar