Portal Berita

...

Yes I Do Memutus Mata Rantai Pernikahan dini
© Humassetda
Yes I Do Memutus Mata Rantai Pernikahan dini

Yes I Do Memutus Mata Rantai Pernikahan dini

Bertempat di pendopo sukabumi jln jendral Achmad yani, pada kamis (15/6). Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi Dra. Hj Yani ...


Jumat, 16 Juni 2017 Berita Daerah DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA dan PERSANDIAN

Bertempat di pendopo sukabumi jln jendral Achmad yani, pada kamis (15/6). Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi Dra. Hj Yani Marwan M.Pd membuka acara sosialisasi dan orientasi media program Yes I do. Dalam sambutannya mengatakan bahwa Program Yes I Do ini akan sangat membantu bagi kesuksesan perlindungan anak di Kabupaten Sukabumi karena program ini bertujuan mengurangi angka perkawinan anak di bawah umur, kehamilan remaja, dan sunat perempuan". Hadir pada kesempatan tersebut beberaapa Perangkat Daerah,Perwakilan dari P2TP,PUPUK,PLAN,PKBI, Insan Pers serta tamu undangan lainnya.

Selanjutnya Yani Marwan menjelaskan penyebab pernikahan anak diusia dini yang terjadi di Kabupaten Sukabumi sangatlah kompleks, jika dilihat dari beberapa faktor yang meliputi tingkat pendidikan, kondisi ekonomi serta pola pikir anak yang dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya, yani mencontohkan "Bapaknya tidak mementingkan pendidikan anak, ibunya memiliki pengalaman menikah diusia yang relatif sangat muda hal ini akan berimplikasi kepada psikologis anak, Apalagi jika tidak di perkuat dengan tingkat kemampuan ekonomi secara mapan,sehingga hal ini menjadi sebuah mata rantai yang harus diputus,tentunya kita perlu upaya bersama untuk saling mendukung antar steakholders, baik pemerintah,Tokoh ulama,pemuda, dan masyarakat" ungkapnya

Lebih lanjut Ketua TP PKK ini berharap kepada rekan - rekan media agar bisa membantu mendistribusikan informasi serta mensosialisasikan program Yes I Do agar masyarakat Kabupaten Sukabumi mengetahui dan faham serta memiliki pengetahuan mengenai dampak dari pernikahan anak di bawah umur, jika ini sudah terjadi masyarakat kabupaten sukabumi faham dan mau mengikuti program yes I do, mudah - mudahan pada akhirnya dapat mendorong perwujudan Kabupaten Sukabumi yang lebih baik.

Di tempat yang sama kordinator Bidang Perkembangan Remaja provinsi Jawabarat Dian menyampaikan "Pernikahan dini akan menimbulkan dampak yang cukup besar, seperti perceraian muda karena mempelai masih belum dewasa secara pemikiran juga belum mampu berumah tangga dan mudah mendapat pengaruh atau gangguan dari pihak luar, sehingga program yes I do di Kabupaten Sukabumi sangatlah penting untuk di jalankan, sebagai langkah awal PKBI menetapkan fokus sasaran pada dua wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Sukaraja dan Cisolok "pungkasnya.

Reporter: Humassetda, AdminKIP
Sumber: E-mail Humassetda
Berikan Komentar