Portal Berita

...

Festival Pesta Rakyat ke-17 Kampung Budaya Lembur Tengah
© Humassetda
Festival Pesta Rakyat ke-17 Kampung Budaya Lembur Tengah

Festival Pesta Rakyat ke-17 Kampung Budaya Lembur Tengah

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami membuka secara Resmi Festival Pesta Rakyat ke-17 Kampung Budaya Lembur Tengah, ...


Kamis, 10 Mei 2018 Berita Daerah DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA dan PERSANDIAN

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami membuka secara Resmi Festival Pesta Rakyat ke-17 Kampung Budaya Lembur Tengah, bertempat di Kampung Cipetir, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi yang ditandai dengan Pemukulan Gong, pada Kamis (10/5). Hadir pada kesempatan tersebut Kadis Pariwisata, Camat Kadudampit serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati memberikan apresiasi tinggi kepada masyarakat Kampung Budaya Lembur Tengah atas inisiatif dan gagasannya menyelenggarakan kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan ini menjadi wahana pelestarian keanekaragaman budaya lokal, khususnya di Kabupaten Sukabumi, sekaligus ajang silaturahmi diantara para budayawan, seniman, komunitas adat, pakar budaya maupun segenap aparatur pemerintah guna mempercepat strategi pelestarian budaya berbasis kearifan lokal. " Sebagaimana dimaklumi Festival Pesta Rakyat ke-17 Kampung Budaya Lembur Tengah merupakan salah satu Budaya yang tentunya menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya Jawa Barat. Tentunya budaya-budaya tersebut telah melalui perjalanan panjang dalam perkembangan seni dan budaya," Ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati menyatakan festival ini merupakan salah satu upaya menjaga kelestarian serta kesinambungan seni dan budaya lokal, Meski derasnya informasi, komunikasi dan teknologi belakangan ini membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat. "Namun dengan potensi budaya dan seni lokal yang kuat sebagai warisan, para pelaku, peminat dan pecinta seni dan budaya tradisi, akan dapat tetap eksis menjadi warisan berharga dari generasi ke generasi," tuturnya. Di akhir acara Bupati bersama Masyarakat kampung Lembur tengah melaksanakan Makan Liwet bersama.