Portal Berita

...

Peringatan Hari Keluarga Nasional Ke XXV Tingkat Kabupaten Sukabumi
© Humas Pemkab Sukabumi
Peringatan Hari Keluarga Nasional Ke XXV Tingkat Kabupaten Sukabumi

Peringatan Hari Keluarga Nasional Ke XXV Tingkat Kabupaten Sukabumi

Peringatan HARGANAS ke XXV (Dua puluh lima) yang mengambil tema "Hari Keluarga Hari Kita semua" dengan tagline "Cinta ...


Jumat, 14 September 2018 Berita Daerah DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA dan PERSANDIAN

Peringatan HARGANAS ke XXV (Dua puluh lima) yang mengambil tema "Hari Keluarga Hari Kita semua" dengan tagline "Cinta Keluarga Cinta Terencana" ini merupakan momentum bagi Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sukabumi untuk melakukan evaluasi atas upaya meningkatkan kualitas keluarga. Demikian dikatakan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami pada acara Peringatan Hari Keluarga Nasional ke XXV Tingkat Kabupaten Sukabumi Tahun 2018, bertempat di Lapang Cijagung Kecamatan Kadudampit, pada Kamis (13/09). Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat beserta isteri, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Para Kepala Perangkat Daerah, Para Camat, Ketua Tim Penggerak PKK beserta seluruh pengurus, Kepala BJB Cabang Palabuhanratu, Para Kepala Desa se Kecamatan Kadudampit, Pengawas pelayanan KB Se-Kabupaten Sukabumi, Koryandik Kec Kadudampit, PKB, Tim Penggerak Desa, Tenaga Penyuluh Penggerak Desa dan Tamu Undangan Lainnya.

Pada acara tersebut Bupati Sukabumi menyerahkan penghargaan dan bantuan sembako kepada Tim Penggerak Desa, Tenaga Penyuluh Penggerak Desa dan Masyarakat yang berprestasi dibidang Keluarga Berencana. Dalam sambutannya Bupati Sukabumi mengatakan, bahwa Harganas ini merupakan hari khusus yang dimaksudkan untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Keluarga akan selalu menghidupkan, memelihara dan memantapkan serta mengerahkan kekuatan tersebut sebagai perisai dalam menghadapi persoalan yang terjadi. Karena keluarga sebagai wadah utama dan pertama dalam membina anak-anak. "Oleh Karena itu, dengan tema Harganas dapat menjadi pemicu bagi keluarga untuk terus memperkokoh ketahanan keluarganya dan mampu melahirkan generasi emas bagi penerus bangsa yang berkarakter" harapnya.

Lebih lanjut di katakan, peringatan Hari Keluarga Nasional hendaknya tidak menjadi acara seremonial saja, tetapi harus menjadi momentum yang betul-betul dipahami nilai strategisnya, karena keluarga sesungguhnya merupakan "Center of development". Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami istri atau suami, istri dan anaknya yang merupakan lingkungan pertama dan utama dalam pembinaan tumbuh kembang, memanamkan nilai-nilai moral serta pembentukan kepribadian. "Hari ini kita melaksanakan peringatan Hari Keluarga Nasional ke-25 Tingkat Kabupaten Sukabumi, dimana kegiatan ini untuk memberikan motivasi dorongan dan semangat bagi Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana , dimana tujuannya adalah bagaimana peran dari keluarga dapat dikuatkan sebagai pemicu pertumbuhan bagi aklselerasi pembangunan Sukabumi yang lebih baik" terang Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Aisah SE, Ak, M.Sc dalam laporannya menyampaikan, bahwa keluarga sebagai unit masyarakat terkecil berperan sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa. Oleh karena itu, untuk mengingatkan hal tersebut maka pada tanggal 29 juni ditetapkan sebagai hari Keluarga Nasional. Adapun tujuannya adalah untuk mengintensifkan konsolidasi internal seluruh pengelola program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta untuk mensosialisasikan seluruh program-programnya.