Portal Berita

...

"WUJUDKAN MASYARAKAT INFORMATIF" KOMINFO JABAR DAN KAB. SUKABUMI KUATKAN PPID
© HMS, DKIP
"WUJUDKAN MASYARAKAT INFORMATIF" KOMINFO JABAR DAN KAB. SUKABUMI KUATKAN PPID

"WUJUDKAN MASYARAKAT INFORMATIF" KOMINFO JABAR DAN KAB. SUKABUMI KUATKAN PPID

Diskominfo Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Diskominfosan Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan Desiminasi ...


Kamis, 31 Oktober 2019 Berita DaerahAdministrator

Diskominfo Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Diskominfosan Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan Desiminasi Penguatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang bertemakan "PPID Kabupaten/kota dalam mewujudkan Jawabarat Provinsi Informatif". Acara yang dilaksanakan di Hotel Augusta tersebut dihadiri oleh Sekrearis Daerah Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri, Rabu (30/10). Hadir pada kesempatan tersebut jajaran Kominfo Jabar, Sekdis dan Sekmat se Kab. Sukabumi, Sekmat serta undangan lainnya.

Menurut Kabid IKP Prov. Jabar, Dedi Darmawan, layanan informasi publik bukan saja amanat Undang undang tetapi juga merupakan hal penting yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. "Salah satu alasan kami pilih kabupaten Sukabumi sebagai lokasi kegiatan, karena Sukabumi sudah memiliki aplikasi Bimasakti untuk optimlisasi layanan publik, ini akan kita contoh, sehingga Komunikasi dan Informasi Publik kualitasnya semakin meningkat" terangnya.

Ditempat yang sama Sekertaris Daerah dalam sambutannya menjelaskan bahwa Sekertaris pada perangkat daerah dan kecamatan merupakan PPID yang berkewajiban membantu PPID utama dalam memberikan layanan informasi kepada masyarakat. "Tentunya harus memberikan informasi yang utuh dan benar, sehingga pejabat yang bertugas harus melakukan pengelolaan dan pelayanan Informasi Publik meliputi proses pengumpulan penyediaan, pengklarifikasian, penyimpanan, pendokumentasian, dan pelayanan informasi secara baik" Pungkasnya.

Sekda menyampaikan baik PPID utama maupun PPID pembantu mempunyai Fungsi dan peranan penting dalam memberikan layanan serta menyebarluaskan Informasi mengenai arahan kebijakan hingga program-program kerja lembaganya kesemua elmen masyarakat. "kita tidak perlu takut dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, sesuai dengan UU dan ketentuan yang berlaku, di Kabupaten Sukabumi dengan Adanya Aplikasi "Bima Sakti" di harapkan mampu menjawab permasalahan dan laporan masyarakat". Selain itu, Sekda meminta kepada PPID harus cepat tanggap dan menjawab laporan aduan masyarakat sesuai dengan tugas pokok fungsinya masing-masing" tegasnya.

 

Reporter: HMS, DKIP
Sumber: HMS, DKIP
Berikan Komentar