Portal Berita

...

WAKIL BUPATI BUKA SECARA RESMI BIMTEK IKK LPPD
© HMS, DKIP
WAKIL BUPATI BUKA SECARA RESMI BIMTEK IKK LPPD

WAKIL BUPATI BUKA SECARA RESMI BIMTEK IKK LPPD

Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah merupakan amanat Pasal 69 Ayat 1 UU No. 9 Tahun 2015 Tentang ...


Kamis, 07 November 2019 Berita DaerahAdministrator

Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah merupakan amanat Pasal 69 Ayat 1 UU No. 9 Tahun 2015 Tentang Pemerintah Daerah, dimana Kepala Daerah berkewajiban untuk memberikan LPPD kepada menteri dalam negeri melalui Gubernur. Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono saat membuka acara Bimbingan Teknis Penyusunan Indikator Kinerja Kunci (IKK) Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Tahun 2019, di Hotel Sukabumi Indah, Salabintana Kecamatan Sukabumi, Rabu (6/11). Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda, Kasubdit EPPD Wilayah II Ditjen Otda Kemendagri Drs. Agusteno, M.Si. serta undangan lainnya.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Gungun Gunardi, melaporkan bahwa Bimtek IKK LPPD dilaksanakan dari tanggal 6 s/d 7 November bertempat di Hotel Sukabumi untuk peserta dari Dinas, Badan dan Sekretariat Daerah yang terdiri dari, Kasubag Perencanaan dan Evaluasi beserta Pengelola LPPD sebanyak 74 orang dan untuk Kecamatan, Kasubag Keuangan Perencanaan dan Evaluasi sebanyak 47 orang. Jumlah keseluruhan 121 Peserta. "Tujuan dari kegiatan ini, untuk mengetahui keberhasilan penyelenggaraan pemerintah daerah dna capaian tersebut wajib dilaporkan ke pemerintah pusat. Capaian terkait pemanfaatan hak yang diperoleh dengan capaian keluaran dan hasil sesuai dengan perencanaan."

Sementara itu Wakil Bupati menyampaikan capaian kinerja Pemerintahan Kabupaten Sukabumi, berdasarkan peringkat nasional EKPPD atas LPPD, tiap tahun selalu meningkat, tahun 2015 peringkat ke 54 dengan skor 3,2380 predikat sangat tinggi, tahun 2016 peringkat ke 44 dengan skor 3,3230 prestasi sangat tinggi dan tahun 2017 hasil EKPPD Kabupaten Sukabumi telah ditetapkan melalui Kepmendagri Nomor 118-8840 tahun 2018 peringkat ke-18 dengan prestasi sangat tinggi dengan skor 3,2634. "Hasil capaian kinerja untuk tingkat Provinsi Jawa Barat atas Evaluasi kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) tahun 2018 berada pada peringkat ke-3 prestasi sangat tinggi dengan skor 3,4714" jelasnya.

Wabup menambahkan harapan mengenai hasil EKPPD atas LPPD Kabupaten Sukabumi untuk penilaian kinerja tahun 2018 secara nasional semakin meningkat baik LKPD ataupun WTP. Selain itu, Wabup mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih untuk seluruh Perangkat Daerah, Kecamatan, atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP ) dari BPK RI selama 5 tahun berturut-turut.

Reporter: HMS, DKIP
Sumber: HMS, DKIP
Berikan Komentar