Portal Berita

...

Jambore Keamanan Pangan Tingkat Remaja/Pengurus OSIS
© Pemkab Sukabumi
Jambore Keamanan Pangan Tingkat Remaja/Pengurus OSIS

Jambore Keamanan Pangan Tingkat Remaja/Pengurus OSIS

Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia. ...


Rabu, 27 November 2019 Berita OPD DINAS KETAHANAN PANGAN

Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia. Hal ini dideklarasikan oleh FAO/WHO pada International Conference on Nutrition di Roma tahun 1992, bahwa pangan yang cukup, bergizi, dan aman adalah hak setiap manusia. Pangan yang aman adalah pangan yang terbebas dari cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat untuk dapat hidup sehat, aktif dan produktif. FAO/WHO juga sepakat bahwa keamanan pangan (food safety) merupakan salah satu komponen dari ketahanan pangan (food security). Untuk itu, program ketahanan pangan nasional harus memasukkan aspek keamanan pangan untuk kesehatan manusia.

Untuk memberi perlindungan kepada konsumen dan produsen akan pangan yang sehat, aman dan halal, Dinas Ketahanan Pangan mengadakan Kegiatan Jambore Keamanan Pangan TA. 2019 untuk tingkat siswa Sekolah Menengah Pertama se –Kabupaten Sukabumi. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Seksi Keamanan pangan pada Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan pada tanggal 12 – 13 November 2019 bertempat di Taman Rekreasi Cimalati - Cicurug.

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah :
1. Meningkatkan pemahaman siswa tentang mengkonsumsi pangan yang aman dan sehat;
2. Merubah polapikir/mindset para remaja atau siswa secara dini agar dapat menerapkan pola hidup sehat dimulai dengan mengkonsumsi pangan yang aman.

SASARAN KEGIATAN

Sasaran kegiatan ini adalah peserta terdiri siswa Sekolah Menengah Pertama dan pembina yang mewakili 8 komisariat di wilayah Kabupaten Sukabumi dengan jumlah peserta sebanyak 150 orang.

Kegiatan ini diisi dengan paparan materi serta praktek pengujian dilanjutkan Outbond Fun Tim Building. Nara Sumber yang hadir pada rangkaian kegiatan jambore kemanaman pangan yaitu :
• BPOM dengan materi "5 Kunci Keamanan Pangan untuk Anak Sekolah";
• BJ Center Bandung dengan materi ˮPelajar Memproduksi Pangan Sehat di Halaman Rumah"

Adapun 5 kunci kemanan pangan untuk anak sekolah yaitu :

Kunci 1 : Kenali pangan yang Aman
Kunci 2 : Beli pangan yang aman
Kunci 3 : Baca label dengan seksama
Kunci 4 : Jaga Kebersihan
KUnci 5 : Catat apa yang ditemui

Pembekalan Acara Jambore Kemanan Pangan diberikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Ir. Adi Purnomo, MM yang dilanjutkan dengan pemberian KIT Jambore Kemanan Pangan kepada para peserta.

Kepada para peserta jambore keamanan sendiri diberikan pengenalan tentang bahan pangan sehat dan praktek pengujian sample oleh Tim Bidang Konsumsi dan keamanan pangan

Kegiatan ditutup oleh Kepala Dinas Ketahana Pangan. Dengan diselenggarakannya kegiatan jambore keamanan pangan ini diharapkan materi tentang keamanan pangan segar asal tumbuhan kepada siswa yang mewakili seluruh Sekolah Tingkat Pertama di Kabupaten Sukabumi capat tersampaikan secara maksimal.

       

     

     

 

 

Reporter: R. Hesty Kusumahwaty, SP
Sumber: Bidang Konsumsi dan Keamana Pangan
Berikan Komentar