Portal Berita

...

CURUG CIHIDEUNG YANG INDAH, TERNYATA CIKAL BAKAL NAMA KECAMATAN CURUGKEMBAR
© Hms Dkip
CURUG CIHIDEUNG YANG INDAH, TERNYATA CIKAL BAKAL NAMA KECAMATAN CURUGKEMBAR

CURUG CIHIDEUNG YANG INDAH, TERNYATA CIKAL BAKAL NAMA KECAMATAN CURUGKEMBAR

Kabupaten Sukabumi memiliki banyak sekali obyek wisata alam yang luar biasa, Selain terkenal dengan keindahan alam yang ...


Senin, 20 Januari 2020 Berita OPDAdministrator

Kabupaten Sukabumi memiliki banyak sekali obyek wisata alam yang luar biasa, Selain terkenal dengan keindahan alam yang diakui Unessco global geopark ciletuh, saat ini banyak bermunculan objek wisata baru yang tengah dikembangkan oleh pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Salah satu kekayaan alam yang luar biasa itu adalah Curug Cihideung yang terletak di Desa Sindangraja, Kecamatan Curugkembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Curug Cihideung memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan dua curug berdampingan yang menjulang indah. "Kalau dari Historisnya Curug ini menjadi Cikal bakal nama Kecamatan Curugkembar karena curug ini memiliki 2 curug yang berdampingan" ujar Dedi Chardiman selaku Kepala Dinas perumahan dan Pemukiman Kabupaten sukabumi yang terlihat mendampingi Istri Bupati Sukabumi (H. Marwan Hamami) saat mengunjungi lokasi tersebut, Minggu (19/01/2020).

Dedi menambahkan, bahwa penataan kawasan Curug cihideung saat ini menggunakan anggaran Dana Program Peningkatan Partisipasi Kecamatan (P3K). "Pelaksanaan penataan dan Pembangunannya dilaksanakan oleh Dana P3K yang dikelola oleh Desa dikerjasamakan dengan perhutani karena lahannya lahan perhutani, kelompok masyarakat juga terlibat dalam pengelolaan kawasan wisata tersebut" tambahnya.

Sementara itu, Hj. Yani Jatnika menceritakan bahwa akses dari Dari Kantor pemerintahan Desa, lokasi wisata Curug Cihideung tidak begitu jauh. "Menuju akses kesana kita akan melewati tangga sepanjang 140 meter lumayan juga olah raga sambil wisata dan harus hati-hati tangganya juga lumayan tinggi tinggi" ungkapnya.

Kedatangan istri Bupati kelokasi tersebut usai melayat salah satu warga Kecamatan Curugkembar yang meninggal dunia di Riyadh dan baru dipulangkan beberapa hari yang lalu. "Abis melayat keluarga TKW yang meninggal didaerah sini (oneng/nina) terus dapat informasi curug yang bagus jadi coba berkunjung" terang Hj. Yani Jatnika yang saat ini juga menjabat sebagai ketua Pusat pelayanan terpadu perlindungan perempuan dan anak (P2TP2A).

Hj. Yani menambahkan, menuju lokasi wisata curug cihideung pengunjung akan melewati hamparan sawah dan pendakian sesampainya di lokasi disambut dengan indahnya curug yang menjulang. "Selain upaya pemerintah dalam penataan kawasan, ini juga harus menjadi komitment bersama antara seluruh elemen masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan, sehigga curug ini menjadi Icon dari kecamatan curugkembar yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahtraan masyarakat" pungkasnya.

Reporter: Hms dkip
Sumber: Hms Dkip
Berikan Komentar