DINAS PEKERJAAN UMUM


  •  

    Kedudukan Dinas Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU) Kabupaten Sukabumi, untuk selanjutnya disebut Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi, merupakan Lembaga Teknis Daerah sebagai unsur penunjang Pemerintah Daerah yang dipimpin oleh seorang Kepala Dinas dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi.

    Berdasarkan Struktur Organisasi Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi Tahun 2010, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Bupati Sukabumi Nomor 8 tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU) Kabupaten Sukabumi, mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemerintahan daerah dan tugas pembantuan di bidang sumber daya air.

    Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana tersebut di atas, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan fungsi:

    Peraturan Bupati Kabupaten Sukabumi Nomor 52 Tahun 2016 Tentang Struktur Organisasi Dan Tata Kerja Dinas Pekerjaan Umum. Berdasarkan peraturan Bupati nomor 52 tahun 2016 tugas pokok dan fungsi dinas pekerjaan umum adalah melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan di bidang Pekerjaan Umum. Dinas Pekerjaan Umum merupakan unsur pelaksana otonomi daerah yang melaksanakan urusan dibidang Pekerjaan Umum yang dipimpin oleh Kepala Dinas yang berada dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris daerah. Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, Dinas mempunyai fungsi sebagai berikut:

    1. Perumusan kebijakan teknis di bidang Pekerjaan Umum;
    2. Pelaksanaan kebijakan di bidang Pekerjaan Umum;
    3. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang kesekertariatan, bidang perencanaan teknis; bina marga: pengairan; Bangunan dan penyehatan lingkungan; bidang alat berat dan laboratorium; kelompok jabatan fungsional dan unit kerja lainnya di lingkungan dinas;
    4. Penerbitan izin/rekomendasi di bidang bangunan gedung dan jasa konstruksi;
    5. Pengendalian dan pengawasan pasca penerbitan izin/rekomendasi di bidang bangunan gedung dan jasa konstruksi;
    6. Pembinaan administrasi di lingkungan dinas;
    7. Pembinaan penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan dinas;
    8. Pelaksanaan tugas pembantuan di bidang Pekerjaan Umum;
    9. Penerbitan rekomendasi untuk usulan penetapan status jalan desa dari pemerintah desa kepada Bupati;
    10. Pelaksanaan fungsi lain yang di berikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.
    11. Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama di bidang tugasnya;
    12. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi hasil pelaksanaan tugas;
    13. Pelaporan hasil pelaksanaan tugas.

    Sumber Daya Aparatur pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi tahun 2015 adalah sebanyak 251 orang dengan rincian sebagai berikut: 

    1. Distribusi pegawai menurut Pangkat/Golongan.

    Tabel II. 1 Distribusi Pegawai Menurut Golongan Tahun 2017

    No.

    Golongan

    Jumlah

    1

    I

    49

    2

    II

    107

    3

    III

    91

    4

    IV

    4

    Jumlah

    251

    Sumber: Subag Umum dan Kepegawaian

    1. Distribusi pegawai menurut tingkat pendidikan

    Tabel II. 2 Distribusi Pegawai Menurut Tingkat Pendidikan Tahun 2017

    No.

    Pendidikan

    Non Teknik/Teknik

    Jumlah

    Non Teknik

    Teknik

    1

    SD

    26

     

    26

    2

    SLTP

    32

     

    32

    3

    SLTA

    63

    53

    116

    4

    DIPLOMA 3

    3

    16

    19

    5

    S1

    25

    29

    54

    6

    S2

    3

    1

    4

    Jumlah

    152

    99

    251

    Sumber: Subag Umum dan Kepegawaian

    Sarana dan prasarana merupakan sumber daya lain yang dimiliki oleh Dinas. Sarana dan prasarana ini mendukung terlaksananya pelaksanaan tugas dinas. Sarana dan prasarana yang dimiliki berupa:

    • Gedung – gedung
    • Peralatan laboratorium tanah, aspal dan beton,
    • Kendaraan – kendaraan operasional roda–4, roda–3 dan roda–2
    • Alat–alat berat (mesin gilas, back hoe, wheel loader, dll).
    • Meja dan kursi kerja
    • Komputer, plotter, printer.
    • Alat ukur (theodolit, GPS), dll

     

    Berkenaan dengan Dokumen-Dokumen Dinas dapat dilihat sebagaimana berikut :

    Renstra Dinas Klik disini

    LAKIP Dinas Klik Disini

    IKU Dinas Klik Disini

    PK Dinas Klik Disini

    Renja Dinas Klik Disini

    LKJ Dinas 2016 Klik Disini

    LKPJ Dinas Klik Disini

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

  •  

    Dalam rangka mencapai visi dan misi Bupati Sukabumi maka dalam implementasinya Dinas Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU) Kabupaten Sukabumi lebih mengarahkan program dan kegiatan sejalan dengan visi misi tersebut untuk mencapai tujuan dan sasaran yang lebih operasional.
    Tujuan merupakan target bersifat kuantitatif atau kualitatif dari suatu organisasi yang pencapaiannya merupakan ukuran keberhasilan kinerja faktor-faktor penentu keberhasilan suatu organisasi. Tujuan bersifat jangka panjang, serasi dan mengklarifikasi visi, misi, dan nilai-nilai, diharapkan dapat diperoleh informasi kinerja yang penting yang diperlukan dalam menyelenggarakan manajemen kinerja secara baik. Sedangkan sasaran merupakan gambaran nyata yang ingin diwujudkan melalui tindakan-tindakan yang diambil organisasi untuk mencapai tujuan. Sasaran lebih bersifat spesifik, kuantitatif terukur, berorientasi ke hasil, dan dapat dicapai dalam kerangka waktu relatif singkat (misal tahunan). Adapun Tujuan dari Dinas PU Kabupaten Sukabumi yaitu :

    1. Mewujudkan Reformasi birokrasi menuju tata kelola pemerintahan yang bersih dan profesional
    2. Meningkatkan ketersediaan dan kualitas infrastruktur daerah yang mendukung perekonomian Guna meningkatkan ketersediaan dan kualitas infrastruktur daerah yang mendukung perekonomian, maka sasaran pembangunan yang harus dicapai adalah:
    1. Meningkatnya kualitas dan Kompetensi aparatur
    2. Meningkatnya kualitas infrastruktur jalan dan jembatan
    3. Meningkatnya infrastruktur sumber daya air dan irigasi untuk konservasi, pendayagunaan sumberdaya air, serta pengendalian daya rusak air
    4. Meningkatnya kondisi sarana dan prasarana dasar permukiman
    5. Meningkatnya ketersediaan informasi jasa konstruksi dan kualitas layanan perizinan usaha jasa konstruksi

    Proses penetapan tujuan, sasaran dan strategi organisasi sebagai kelanjutan dari penyusunan faktor-faktor kunci keberhasilan. Setiap faktor kunci keberhasilan dijabarkan menjadi tujuan-tujuan. Setiap tujuan dijabarkan kedalam sasaran- sasaran dan setiap sasaran dijabarkan kedalam kebijakan-kebijakan. Setiap kebijakan dijabarkan kedalam program-program.

     

     

     

     

     

     

     

     

  •  

    Susunan Organisasi Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi terdiri dari:
    a. Kepala Dinas.
    b. Sekretariat, membawahkan :
       • Sub Bagian Kepegawaian dan Umum;
       • Sub Bagian Keuangan; dan
       • Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi.
    c. Bidang Perencanaan Teknis, membawahkan :
       • Seksi Perencanaan Teknis Pengairan;
       • Seksi Perencanaan Teknis Bina Marga; dan
       • Seksi Perencanaan Bangunan dan Penyehatan Lingkungan.
    d. Bidang Bina Marga, membawahkan :
       • Seksi Pembangunan dan Peningkatan Jalan Kabupaten;
       • Seksi Pemeliharaan Jalan Kabupaten; dan
       • Seksi Pemanfaatan Ruang Milik Jalan dan Fasilitas Jalan Desa.
    e. Bidang Pengairan, membawahkan:
       • Seksi Pembangunan dan Peningkatan Pengairan;
       • Seksi Pemeliharaan Pengairan; dan
       • Seksi Ekspoitasi Jaringan Irigasi.
    f. Bidang Bangunan dan Penyehatan Lingkungan, membawahkan:
       • Seksi Penataan Bangunan dan Lingkungan;
       • Seksi Jasa Konstruksi dan Pengendalian Bangunan; dan
       • Seksi Penyehatan Lingkungan.
    g. Bidang Alat Berat dan Laboratorium, membawahi:
       • Seksi Alat Berat; dan
       • Seksi Laboratorium.
    h. Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD); dan
    i. Kelompok Jabatan Fungsional

  • Alamat: Jalan Pasanggrahan No 03 Desa Cimanggu Palabuhanratu
    Telepon: (0266) 434821
    Email: pu.kabsukabumi@gmail.com
    Website:


  • Publikasi dokumen SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) dapat anda unduh pada tabel dibawah ini

    No Judul Dokumen Deskripsi Tipe File Tanggal Unggah Download
    1 RENSTRA application/pdf 2019-08-27 21:58:26 download
    2 RENJA application/pdf 2019-08-27 21:58:49 download
    3 IKU application/pdf 2019-08-27 21:59:09 download
    4 PK application/pdf 2019-08-27 21:59:32 download
    5 LKIP application/pdf 2019-08-27 21:59:51 download


  • SERAHTERIMAKAN RUMAH SUKABUMI PEDULI, BUPATI SEMPATKAN SANTUNI YATIM DAN BERIKAN KURSI RODA

    Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyerahterimakan bangunan hasil bedah rumah Sukabumi Peduli kepada pemiliknya, Jajang (55), Selasa, 22 Februari 2022. Bangunan berukuran 72 meter persegi yang.

    PEMKAB SUKABUMI GEBER PEMBANGUNAN, WABUP MONEV PROGRESNYA

    Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri monitoring dan evaluasi pembangunan infrastruktur wilayah utara tahun anggaran 2021. Monev diawali dengan ekspos progres pembangunan di GOR Kecamatan.

    TINJAU LONGSOR, SEKDA BERSAMA DINAS PU SEGERA SIAPKAN LANGKAH TAKTIS PENANGANAN

    Hujan deras pada hari Selasa kemarin, menimbulkan longsor di Kp Bojonggirang Desa Langensari Kecamatan Parungkuda yang mengakibatkan kerusakan khususnya pada infrastruktur Irigasi yang sedang dalam.

    205 PNS JABATAN FUNGSIONAL DILANTIK, SEKDA : JADIKAN MOMENTUM PENGABDIAN DENGAN SPIRIT BARU

    Sebanyak 205 Pegawai Negeri Sipil  jabatan fungsional di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sukabumi dilantik. Pelantikan yang dilaksanakan secara hybrid itu, dilakukan oleh Sekda Kabupaten Sukabumi.

    PEMKAB SUKABUMI BONGKAR IRIGASI YANG TIDAK SESUAI SPEK DAN HASIL UJI LAB

    Sejak tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Sukabumi sudah membangun komitmen mengenai Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) atau program pemerintah di bidang.

    WABUP : DISAMPING FOKUS TANGANI COVID, PEMKAB TETAP PRIORITASKAN INFRASTRUKTUR

    Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kinerja jajaran Dinas Pekerjaan Umum  atas pencapaian target pembangunan yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten.

    GEBER PEMBANGUNAN, PEMKAB SUKABUMI BANGUN RUAS JALAN SAGARANTEN-CIBUNI

    Pemerintah Kabupaten Sukabumi terus menggeber dan melakukan pembangunan infrastruktur salah satunya Pengerjaan perbaikan jalan ruas Sagaranten-Cibuni sepanjang 5,1 Km dengan lebar bervariasi antara 4.

    INFRASTRUKTUR, H.MARWAN : PU HARUS MAMPU MENJAWAB HARAPAN MASYARAKAT

    Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyampaikan bahwa Dinas PU merupakan garda terdepan dalam menunjang pembangunan infrastruktur di Kabupaten Sukabumi. Hal itu dikatakan Bupati saat membuka Pembinaan.

    SEMPAT MENGKHAWATIRKAN, JEMBATAN CIHEULANG KINI BISA DINIKMATI.

    Jembatan penghubung dua Desa dan dua Kecamatan yakni Desa Ciheulang Tonggoh, Kecamatan Cibadak dengan Desa Darmareja Kecamatan Nagrak yang kondisinya sempat mengkhawatirkan kini sudah bisa dinikmati.

    HARI BHAKTI PU KE 75, R. GANI : CAPAIAN KINERJA MELAMPAUI TARGET RPJMD 2016 - 2019

    Kepada segenap pegawai dan keluarga besar Dinas PU Kabupaten Sukabumi saya ucapkan Selamat hari Bakti PU ke-75, jadikan momentum ini sebagai penyemangat mencapai kinerja lebih baik lagi. Demikian.