Geopark Ciletuh Palabuhanratu


  • Geopark adalah sebuah konsep manajemen pengembangan kawasan berkelanjutan yang menyerasikan keragaman geologi, hayati, dan budaya melalui prinsip konservasi dan Rencana Tata Ruang Wilayah yang sudah ada. Geopark adalah wilayah geografis yang memiliki situs warisan geologi terkemuka dan bagian dari konsep holistik perlindungan, pendidikan dan pembangunan yang berkelanjutan. Geopark tidak hanya mencakup situs geologi, tetapi memiliki batas geografis yang jelas serta sinergitas antara keragaman geologi, hayati dan budaya yang ada di dalam kawasan tersebut. Masyarakat yang tinggal di dalam kawasan diajak berperanserta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam.

    Untuk mewujudkannya perlu dukungan infrastruktur, fasilitas, regulasi, kebijakan pemerintah dan program pemberdayaan masyarakat. Geopark memiliki semboyan: “Memuliakan Bumi, Mensejahterakan Masyarakat”. Pembangunan dan penumbuhan perekonomian berkelanjutan pada kawasan geopark dikembangkan melalui paket pariwisata seperti: geowisata, wisata bahari, ekowisata, wisata petualangan, wisata budaya, wisata belanja, wisata kuliner, dan wisata buatan manusia.

    Geopark atau kawasan wisata taman alam batuan tua Ciletuh di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mendapatkan sertifikat sebagai Geopark Nasional dari Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO dan Kementerian ESDM karena telah memenuhi sejumlah persyaratan untuk sebuah taman bumi atau geopark.

  • Badan Pengelola Ciletuh-Palabuhanratu Geopark

  • Alamat: Jalan Jend. Sudirman Komplek Perkantoran Pemda Jajaway Palabuhanratu 43364, Jawa Barat - Indonesia
    Telepon:
    Email:
    Website: http://geoparkciletuh.sukabumikab.go.id/


  • Publikasi dokumen SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) dapat anda unduh pada tabel dibawah ini

    No Judul Dokumen Deskripsi Tipe File Tanggal Unggah Download
    Belum ada file yang di upload


  • Didukung Menko Marves, Pembangunan Kawasan Ujunggenteng Menjadi program Prioritas Pusat

    Kemenko Maritim dan Investasi RI menggelar rapat koordinasi serara virtual mengenai pembangunan kawasan pesisir selatan Kabupaten Sukabumi. Rakor daring ini diikuti Plh Bupati Sukabumi Zainul S dari.

    - LESTARIKAN BUDAYA - H. MARWAN APRESIASI ASKAR PASUNDAN

    Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menghadiri milangkala Paguyuban Ajakan Silaturahmi Kaum Remaja (Askar) Pasundan ke 2, yang digelar di Desa Selawangi Kec. Sukaraja. Sabtu (29/8/2020). Acara.

    GOA BADUY, OBJEK WISATA EKSOTIS  DAN BERSEJARAH DI SELATAN SUKABUMI

    Kabupaten Sukabumi memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta alam, Kabupaten yang terkenal dengan Slogan GURILAPS (Gunung, rimba, Laut Pantai, sungai dan seni budaya) ini mampu.

    BUPATI SUKABUMI AJAK BERSINERGI CEGAH KEKERASAN PADA ANAK SEJAK DINI

    Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Daerah Pendekatan Integratif Penanganan Kekerasan Anak tahun 2020. Rakorda dilaksanakan di Resort Pangrango Sukabumi, Selasa.

    SEKDA "RANGER KOMPONEN PENTING PENGEMBANGAN KEPARIWISATAAN".

    Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi H. Iyos Somantri membuka Pelatihan bagi Geopark Ranger CPUGGp di Hotel Augusta Palabuhanratu, Rabu (29/07/2020). Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Usman Jaelani.

    HADAPI TANTANGAN REVOLUSI  INDUSTRI 4.0 EKONOMI KREATIF HARUS DIKEMBANGKAN

    300 peserta mengikuti seminar pengembangan wirausaha milenial di era revolusi industri 4.0 yang diselenggarakan di GOR Venue Tinju Palabuhanratu oleh Forum Komunikasi Penggerak Ekonomi Kreatif dan.

    LONGSOR, BUPATI SUKABUMI MINTA PERANGKATNYA CEPAT TANGGAP

    Hujan Deras yang melanda Kabupaten Sukabumi pada Minggu (16/2/2020) Menimbulkan beberapa titik lokasi terjadi bencana longsor, salah satunya Akses jalan menuju kawasan Geopark Ciletuh, Palabuhanratu,.

    BUPATI SUKABUMI HIMBAU KOMUNITAS OTOMOTIF GALAKAN KEGIATAN SOSIAL

    Sukabumi Feroza Club (SFC) selenggarakan Anniversary IX di Komplek PTPN VIII, Kampung Leuweung Datar RT 01 RW 05, Desa Sukasirna, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Minggu (19/1/2020). "Kegiatan.

    SEKDA AJAK SEMUA PENGGIAT PARIWISATA UNTUK BERSINERGI DAN BERKOLABORASI

    Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi H. Iyos Somantri menerima Audiensi Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DPC Kab. Sukabumi di Ruang Rapat Sekretaris Daerah, Palabuhanratu, Kamis (9/01/2020)..

    KEMBANGKAN WISATA BARU, BUPATI SUKABUMI MENYUSURI SUNGAI DENGAN CONGKRENG

    Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami menggelar Saba Desa Pariwisata di Desa Purwasedar Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi, Senin (23/12/2019). Dalam kunjungannya H.Marwan Hamami melihat objek wisata.